Friday, March 16, 2012

Rahasia Awet Muda ala Wanita Jepang


Saat berdomisili di Jepang, saya seringkali tertipu dengan usia orang-orang di sana, terlebih kaum hawanya. Pertama kali saya terkecoh dengan artis yang menjadi bintang tamu di acara tv di sana. Wajah cantik, kulit mulus, pipi merona, pakaian modis, saya tebak umurnya paling banyak 30 awal, tapi ternyata sudah 42 tahun. Oh mungkin karena artis, jadi wajarlah kalau awet muda karena pasti perawatannya juga ekstra, begitu pikir saya. Tetapi kemudian, semakin banyak menebak dan semakin sering ketemu serta kenal dengan orang Jepang , semakin sering saya salah hehe..
Dari hasil pengamatan dan juga bertanya langsung ke empunya wajah, kira-kira saya mendapat gambaran rahasia awet muda ala wanita Jepang sebagai berikut:

1. Asupan makanan
  • Ikan dan seafood lainnya. Kalau yang ini tidak perlu dijabarkan lagi :)
  • Sayuran. Ternyata orang Jepang seperti orang Sunda, malah mungkin lebih. Mereka juga suka mengkonsumsi sayuran mentah. Tidak hanya terbatas pada sayuran yang biasa kita lihat sebagai sayur lalapan, tapi segala sayuran sanggup dimakan mentah. 
  • Tahu dan Natto. Makanan tinggi protein nabati ini juga sudah menjadi makanan wajib harian. Sedangkan natto adalah kacang kedelai fermentasi, mungkin bisa dibilang tempe versi Jepang. Saya pernah mencoba makan dan gagal menelannya :)


Natto (gambar dari google)
  • Jarang mengkonsumsi gorengan. Tentu saja menu gorengan ada di sana, tetapi karena tingginya angka kesadaran akan makanan sehat tiap keluarga jarang menyajikan sajian gorengan. Minyaknya pun 1-2kali pakai langsung ganti.
  • Susu segar. Disana susu yang banyak beredar di pasaran adalah susu segar. Dari anak-anak sampai orang tua semua minumnya sama. Tentu saja terdapat variannya, seperti susu kopi, susu coklat, susu buah, dsb, tapi tetap utamanya adalah susu segar cair. Saya belum menemukan yang namanya susu khusus ibu hamil atau menyusui di sana.
  • Teh hijau dan tanpa gula. Saya pernah membawakan oleh-oleh teh hijau untuk teman, besoknya teman tersebut protes karena rasanya yang aneh, pahit dan amis padahal sudah dikasih gula banyak katanya. Jadi tidak bisa komentar deh. :)
2. Olahraga
Tidak dengan yang berat tapi mereka rutin sampo suru atau jalan-jalan keliling area tempat tinggal sambil membawa binatang peliharaan. Di sekolah dan di kantor juga ada waktu khusus untuk senam bersama. Biasanya sebelum jam kerja dimulai dan ditengah-tengah jam kerja akan diputar musik khusus untuk senam bersama.

3. Menikmati hidup
Saya perhatikan orang Jepang selalu mempunyai kegiatan untuk mengisi waktunya. Yang memiliki hobi pasti berkutat dengan hobinya, yang tidak memiliki hobi memilih menjadi volunteer, group kegiatan dll. Uang pensiun digunakan untuk jalan-jalan.

4. Menghindari matahari
Perhatikan deh, wanita Jepang tidak menyukai matahari. Segala model topi, payung hujan dan payung kering, penutup tangan sebatas lengan, cover handle sepeda/motor, segala inovasi untuk menghindari sinar UV lengkap ada disana.

5. Make up dan gaya busana
Di Jepang walaupun sudah usia senja tidak kalah lho dalam hal dandanan. Penampilan dari belakang acap kali menipu, disangka anak muda ternyata nenek-nenek.

6. Tidak pelit berbagi ilmu dan rahasia kecantikan
Banyak sekali acara TV lokal yang menyajikan para wanita cantik berbagi rahasia awet muda dan kecantikannya, sehingga bisa ditiru oleh yang lain. Salah satunya adalah 22ji majotachi (22時魔女たち). Disini ditampilkan orang yang sebenarnya sudah berusia tua tapi seperti masih muda, atau orang yang bisa menurunkan berat badan secara drastis dll.




Hayoo yang mau awet muda, bisa ditiru nih tipsnya.
Silahkan yang mau menambahkan tips dan rahasia awet muda wanita Jepang lainnya. Sankyu :)

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...