Tuesday, March 06, 2012

Belajar Bahasa Jepang

Selamat datang di blog Free Japanese Study, tempat untuk kita belajar bahasa Jepang bersama.
Di sini kita tidak hanya belajar bahasanya, tapi juga budaya, gaya hidup, hal-hal kejepangan lainnya, dah juga berbagi aneka pengalaman serta corat coret iseng saya :)

Siapa sih yang ga tahu Jepang. Negerinya Doraemon yang sangat cantik dan unik. Cantik karena pemandangan alamnya memang cantik, budayanya cantik, gadisnya pun sudah pasti cantik juga. Unik karena sebagai negara maju dengan teknologi yang hi-tech punya, masyarakat Jepang tidak meninggalkan kebudayaan tradisional warisan leluhurnya. Kalau pada umumnya negara modern kan semuanya serba modern, tapi kalau di Jepang berbeda. Pemandangan gadis pake bedong (baca: kimono) masih banyak dijumpai, beragam festival budaya juga memenuhi kalender nasional, dll. Untuk info lebih lanjut tentang negara Jepang, silahkan baca di diary-nya Eyang Wiki ya.

Bahasa Jepang atau Nihon-go adalah bahasa resmi negara ini. Terdiri dari bahasa standard dan bahasa percakapan lengkap dengan dialek daerah masing2.

Sedangkan untuk tulisan, Jepang menggunakan huruf Kanji; Hiragana; dan Katakana. Huruf Kanji merupakan serapan dari tulisan China. Hiragana dan Katakana merupakan pengembangan dari huruf Kanji. Dulunya hiragana dipakai oleh kaum perempuan, sedang kaum lelakinya menggunakan Katakana. Tetapi sekarang Hiragana merupakan tulisan dasar dan pelengkap huruf Kanji, sedangkan Katakana banyak dipakai untuk menuliskan serapan bahasa asing.

Saat ini berbagai produk Jepang membajiri dunia, Indonesia khususnya. Sehingga semakin menggugah rasa ingin tahu lebih banyak lagi tentang Jepang. Nah, kita juga jangan mau ketinggalan ya. Yuk kita belajar bersama. Sampai jumpa di pelajaran pertama.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...